Langsung ke konten utama

TIPS UNTUK MENCEGAH PAKAIAN LUNTUR DAN PUDAR

Siapa yang tidak suka dengan warna cerah pada pakaian. Apalagi untuk wanita, warna adalah hal yang penting untuk penampilan. Nggak keren rasanya memakai pakaian yang luntur karena salah mencuci atau sudah mulai pudar warnanya.
Karena itu, ada beberapa tips yang harus ladies perhatikan jika ingin pakaian tetap cerah dan tidak luntur, apalagi pudar. Oh no!


Baca label
Ini sangat penting. Pada setiap pakaian dan juga celana, pasti sudah tertera label kecil yang harus Anda baca dan perhatikan. Biasanya, di label ini Anda akan mendapati simbol beserta petunjuknya. Ini harus selalu Anda cek setiap kali Anda akan mencuci.
Pakaian Warna gelap
Untuk pakaian dengan warna gelap seperti hitam, maroon dan coklat, Anda bisa menggabungkannya dalam satu kali pencucian. Jangan sampai ada yang terselip ya, siapa tahu kaus kaki putih Anda ikut tercuci.
Balik baju
Ini adalah saran yang banyak diucapkan oleh para ibu dari jaman baheula. Tapi ternyata ini benar dan terbukti. Terlebih jika baju Anda berwarna gelap, selalu balik baju Anda. Pastikan bagian dalam baju berada di luar. Ini karena warna gelap menyerap panas lebih banyak dan ini berpeluang membuat warna pada baju cepat pudar.
Jangan penuhi mesin cuci
Menjejali mesin cuci dengan pakaian memang menghemat waktu karena kita tidak perlu berkali-kali mencuci. Tapi ini adalah cara yang tidak benar karena kinerja mesin cuci juga akan tidak maksimal. Dengan begitu, maka hasil cucian juga tidak akan maksimal. Wah, lebih baik mencuci berkali-kali daripada hasil cucian tidak maksimal.
Teknik menjemur
Selain teknik mencuci, menjemur ternyata juga berpengaruh pada awet tidaknya warna pada pakaian. Menurut Housekeeping.com, hindari penjemuran yang terlalu lama. Selain akan membuat baju menjadi bau matahari, ini juga akan mengikis kualitas dan warna pakaian.
Cuci dengan air dingin
Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan tertentu memang disarankan untuk dicuci menggunakan air panas atau air hangat. Tapi, jika Anda ingin mempertahankan warna, sebaiknya gunakan air dingin karena warna akan awet.
Gunakan deterjen yang tepat
Ada beberapa produk deterjen atau pelembut pakaian yang juga bisa membuat warna pada pakaian tetap terjaga dan awet. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan Anda mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada deterjen dan mesin cuci.
Pakai cuka
Menurut Housekeeping.com, penambahan cuka pada proses pencucian baju juga bisa membuat warna pada kain tetap awet dan cerah. Walaupun bau dari cuka ini membuat kita sedikit bergidik masam, ternyata cuka juga bisa jadi pelembut pakaian alami. Tenang, bau cuka akan hilang setelah proses pencucian.
Memang sangat tidak nyaman jika warna baju mulai luntur dan pudar, apalagi ini juga bisa membuat penampilan jadi tampak lusuh. 8 tips di atas bisa jadi acuan Anda dalam mencuci pakaian supaya tidak mudah luntur. Atau Anda memiliki saran lain? Share yuk!

Cara mencuci celana jeans agar tidak luntur dan warna tidak pudar, kusam dan bercak putih-putih.Celana jeans menjadi kebutuhan banyak orang dalam berpakaian sehari-hari, sebabnya perlu rasanya untuk mengetahui cara jeans agar.Jeans termasuk salah satu celana yang cocok dipada-padankan dengan berbagai atasan seperti kemeja dan kaos. Bahkan saat menggunakan baju muslim pun, banyak orang yang memadukannya dengan jeans. Misalnya saat menggunakan gamis batik, anda tetap bisa menggunakan jeans agar tampak casual. Tentu kita ingin agar jeans kita tetap bagus walaupun sudah lama, salah satunya adalah dengan tetap mempertahankan warna jeans agar tetap bagus dan tidak pudah. Nah, oleh karena itu tips-tips di bawah ini tentang cara mencuci celana jeans agar tidak luntur, perlu rasanya dicoba. Supaya jeans anda tetap awet dan sedap dilihat.

 

Cara Mencuci Celana Jeans agar Tidak Luntur dengan Cuka

Kegunaan cuka untuk membersihkan pakaian memang cukup banyak. Biasanya, cuka sering digunakan untuk menghilangkan berbagai noda yang menempel di pakaian seperti noda tinta, noda getah, dan lainnya. Namun ternyata cuka juga bisa digunakan untuk membuat warna celana jeans anda tetap awet. Lho, bagaimana caranya? Nah, anda bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini ya.
  1. Rendam jeans dengan air dan cuka
  2. Biarkan selama semalam.
  3. Cuci celana jeans dengan menggunakan tangan keesokan harinya.
  4. Keringkan
Atau anda juga bisa mengikuti cara yang lain seperti di bawah ini:
  1. Cuci celana jeans kesayangan anda dengan tangan.
  2. Saat membilas, tambahkan cuka pada bilasan terakhir.

Saat mencuci jeans, sebaiknya anda menggunakan tangan dan jangan menggunakan mesin cuci. Sebab, mesin cuci hanya akan membuat celana jeans anda semakin cepat pudar. Sebab proses pencucian di mesin cuci akan membuat serat celana akan rusak dan warna akan bergesekan. Karenanya tidak heran celana jeans yang dicuci dalam mesin cuci jadi lebih gampang pudar.

Cara Mencuci Celana Jeans agar Tidak Luntur dengan Garam

Garam pun bisa digunakan untuk menjaga warna jeans anda tetap bagus. Cara melakukannya juga cukup mudah. Anda tinggal merendam celana jeans anda tersebut dengan garam, kemudian diamkan kurang lebih 30-60 menit. Caranya sama seperti menggunakan deterjen. Nah, setelah itu anda tinggal membilasnya dan keringkan.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Celana Jeans

Salah satu produsen celan jeans Levi’s menyarankan para konsumennya untuk tidak sering-sering mencuci celana jeans mereka. Sebab, pada dasarnya jeans dirancang untuk dicuci kurang lebih enam bulan sekali. Namun apabila anda merasa risih karena tidak mencuci jeans selama enam bulan, anda juga bisa mencucinya 1-3 bulan sekali. Pencuciannya sendiri juga memerlukan perlakuan khusus namun relatif sederhana. Caranya anda cukup merendamnya di ember atau bak yang datar. Setelah itu masukkan deterjen, dan rendam selama kurang lebih 20-30 menit.Setelah itu bilas dan keringkan.
Setrika Bagian Dalam Celana Jeans
Sebaiknya saat menyetrika celana jeans, anda melakukan secara terbalik.Artinya, anda cukup menyetrika bagian dalam jeans saja. Sebab, apabila bagian luar terlalu sering disetrika, panas dari setrikaan akan memengaruhi warna celana anda. Terutama celana berwarna hitam.Panas yang muncul dari setrika anda, bisa menimbulkan warna keputih-putihan pada celana jeans hitam anda.Nah, karena itu sebaiknya mencuci dari bagian dalam saja ya. Oh ya, sebelum menyetrika pastikan bahwa celana jeans anda sudah benar-benar kering. Kalau anda menyetrika saat masih basah, potensi munculnya jamur di celana anda akan sangat besar. Tidak nyaman bukan? Atau cara yang lain, bagi anda yang enggan menyetrika celana anda, hal itu juga ada baiknya.
Saat anda mencuci celana jeans kesayangan anda, sebaikny air yang anda gunakan memiliki suhu yang normal. Jangan gunakan air panas, karena akan membuat warna celana menjadi gampang luntur. Selain itu, saat mencuci juga sebaiknya celana jeans direndam terpisah dari pakaian lain. Karena memang jeans gampang luntur, maka noda luntur akan gampang terkena ke pakaian lain saat di rendam bersama. Tentu anda tidak ingin masalah lain muncul bukan?
Nah, demikian tips-tips tentang cara mencuci celana jeans agar tidak luntur dan selamat mencoba ya.

Postingan populer dari blog ini

SERVICE EXELLENT

Di era teknologi informasi saat ini , Layanan Purna adalah salah satu hal penting dalam berbagai hal, termasuk layanan mencuci pakaian/laundry.  Kami sangat memahami kesulitan dan kebutuhan setiap ibu rumah tangga terhadap kualitas pakaian anggota keluarganya, baik pakaian Kerja Suami, Pakaian Sekolah Anak, maupun pakaian sehari-hari yang digunakan dirumah, Untuk itu LaundryMedan.com hadir sebagai solusi bagi anda yang memiliki kesulitan dalam hal mengelola cucian dirumah, Anda cukup Telepon Kami, maka tim kami akan menjemput cucian anda sekeluarga. Anda Sibuk?? Pakaian Numpuk??? Kami Solusinya... Chat via WA dengan admin disini : ORDER LAUNDRY 
Silahkan Hubungi Hot Line disini : 085362300075

LOKASI OUTLET LAUNDRY

Saat ini laundrymedan.com masih berdomisili di Medan dengan Oulet-Outlet sebagai berikut ;
Jl. Pinang Baris No. 127 Sunggal  Medan (Depan SMP 9 Medan)Jl. Pulau Harapan No. 2A SM Raja Medan (Depan UISU)Jl. Pinang Baris Gg.Langgar No 28Jl. Skata No. 11 B Glugur MedanJl. Karya Setia No. 8 Sei Agul Medan BaratJl. Abadi Gg. Warga Tanjung Rejo Medan SunggalJl. Bajak 5 Gg. Abadi Kec. Medan AmplasJl. Bajak 5 No. 4 Kec.Medan AmplasJl. Abdullah Lubis No 3Jl. Panglima Denai UjungJl. Sukaramai I gg. Kantil Medan DenaiJl. Sumber Bakti No.8 MarendalJl. Setiabudi Ringroad Psr I Tanjng Sari Medan SelayangJl. Alumunium 2 Tanjung Mulia Medan DeliJl. Alumunium 4 Tanjung Mulia Medan DeliJl. Gatot Subroto KM. 11,5 Kampung LalangJl. Sungai Deli No 38 Sip. Guru PatimpusJl. Sisingamangaraja KM 5,5 Depan Masjid Taqwa Sebelah SamsatJl. Seroja, Komp. Citra Seroja F1Jl. Sei Mencirim Komp Johar 1 D28Jl. Sei Mencirim Komp Bugenvile E2Jl. Sei Mencirim Komp Saptamarga A08Jl. Sei Mencirim Komp Johar 2 Blok B26Jl. Mer…

JEMPUT LAUNDRY MEDAN

JEMPUT LAUNDRY 
Aktivitas yang Tinggi menjadikan kita tidak sempat untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, termasuk untuk hal mencuci pakaian.

Laundrymedan.com siap melayani anda yang produktif dan super sibuk. Kami akan menjemput pakaian anda di Rumah, Kantor, Tempat Kerja, Hotel, Rumah Sakit, Spa, Kost-Kosan, sesuai keinginan Anda

untuk area penjemputan Wilayah Kota Medan dan Sekitarnya.

Chat via WA dengan admin disini : ORDER LAUNDRY 
Silahkan Hubungi Hot Line disini : 085362300075