Haruskah Kamu Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai? Ini Jawabnya!

Laundrymedan.com - Saat akhir-akhir Ramadan menjelang lebaran begini, mall-mall, toko baju dan berbagai pusat perbelanjaan mungkin mulai penuh karena banyak orang yang beli baju dan berbagai keperluan lebaran. Baju baru pasti membuatmu segera ingin memakainya, apalagi jika model bajunya sudah lama kamu dambakan.

Tapi kamu biasanya pasti perlu menunggu lama untuk bisa memakai baju baru karena kamu harus mencucinya dulu. Sebenarnya haruskah baju baru dicuci sebelum dipakai? Toh kalau beli baru di toko berarti kan belum pernah dipakai.
Kamu mungkin mengira baju baru cukup bersih sehingga aman jika langsung dipakai. Tapi ahli dermatologi Donald Belsito dari Columbia University Medical Center mengatakan dalam Wall Street Journal bahwa kemungkinan ada benda-benda tak diinginkan yang menempel di kain baju meskipun barang itu baru.
Bagaimana pun baju tersebut sudah lama di pajang dan tidak dicuci, belum lagi dipegang-pegang tangan pengunjung atau petugas toko. Tak ada yang tahu bakteri apa saja yang bersarang pada baju tersebut. Di samping itu, baju baru biasanya juga memiliki bau khas bahan kimia.
Dalam sebuah percobaan, Donald Belsito menemukan banyak bakteri dan bibit kutu pada kain baju yang dipajang di toko meski baju itu berlabel 'baru'. Ia menuliskan bahwa ia menemukan telur kutu di baju yang dijual di toko, dan ada kemungkinan bahwa telur atau bibit kutu dan bakteri ini menyebar dari baju satu ke baju lainnya karena seringkali baju baru menempel satu dengan lainnya.
Jadi, untuk mencegah dan menghindari risiko iritasi, dermatitis, penyakit kulit dan sebagainya, sebaiknya kamu mencuci baju baru dulu ya ladies. Kamu pasti juga bakal lebih yakin jika bajunya sudah dicuci bersih dan wangi kan?
Copyright © 2013 LAUNDRY MEDAN